Selasa, 23 Februari 2010

Payah Jantung -lanjutan-bag.3


Apa penyebab paling sering dari payah jantung?

Payah jantung bisa sebab bawaan ( kelainan katup jantung, kebocoran sekat jantung, kelainan pembuluh aorta jantung ), bisa juga sebab didapat. Yang didapat sering sebab darah tinggi.
Darah tinggi yang dibiarkan bertahun-tahun menambah beban jantung. Jantung yang kelelahan memikul tambahan beban memompa itu setelah bertahun-tahun akhirnya menderita payah jantung

Mengapa gangguan katup jantung bisa berakhir dengan payah jantung juga?

Kelainan katup jantung bisa terjadi di katup jantung yang mana saja. Paling sering akibat infeksi katup. Katup bisa rusak juga akibat pengaruh obat anti gemuk..nah lho..( pentermine, fenfluramine yang sekarang sudah dilarang). Jika katup mengalami kecacatan, fungsi menutup dan membukanya tidak normal lagi. Atau menutupnya tidak sempurna, jika bukan membukanya kurang sempurna. Menutup membukanya yang tidak berfungsi normal ini, membebani jantung juga. Pengisian dan pengosongan darah dalam ruang jantung tidak sempurna. Dengan demikian selain jantung harus lebih kuat memompa, akibat katup menganga terus, ada sebagian darah yang mengalir balik, atau darah yang terus tersisa dan tertimbun di ruang jantung. Banyaknya darah yang tertimbun dalam ruang jantung ini menjadi tambahan beban buat jantung. Keadaan ini yang lama-lama membuat jantung bertambah payah juga.

Mengapa kasus hypertyroidism bisa berakibat payah jantung juga?

Pada hyperthyroidism kelenjar gondok bekerja lebih aktif dari normal. Salah satu efek hormon gondok meninggikan tekanan darah, dan jantung menjadi lebih giat berdebar. Jika keadaan ini dibiarkan untuk waktu lama, akibatnya jantung memikul beban memompa yang semakin berat. Ujung dari pikulan barat pada jantung ini yang bisa berakhir dengan payah jantung.

Apa betul anemia bisa bikin payah jantung juga?

Betul. Pada anemia kadar haemoglobin (Hb) dalam sel darah merah pengangkut zat asam berkurang. Semakin berat anemianya semakin berkurang jumlah pengangkut zat asam buat kebutuhan tubuh. Agar tidak kekurangan zat asam, darah yang dipompa jantung ke seluru tubuh harus lebih kerap dari normal. Untuk itu jantung harus bekerja lebih giat. Pada kasus cacing tambang, misalnya, kadar Hb bisa sangat rendah (kadar Hb bisa kurang dari 5%), dan keadaan ini lama-lama bisa berkomplikasi payah jantung. Demikian pula pada kasus kekurangan vitamin B1 (thiamine) yang menjadi penyebab penyakit beri-beri, bisa berujung payah jantung juga.

Bagaiman payah jantung diobati?

Payah jantung yang sudah tidak bisa dikompensasi tubuh memerlukan perawatan rumah sakit. Selain perlu diberi zat asam, jantung dikuatkan dengan obat. Makanan dan minuman dibatasi, elektrolit darah dimonitor agar stabil normal. Baru setelah jantung terkompensasi, pasien bisa terbebas dari perawatan rumah sakit. Mungkin dengan terus minum obat penguat kerja jantung.

Apa pengidap payah jantung harus bergantung obat jantung terus?

Ya, pengidap payah jantung harus terus bergantung pada obat. Obat menjadi pengganti kekuatan otot jantung yang sudah hilang. Jika obat dihentikan, kekuatan otot jantung yang sudah tidak penuh lagi akan kewalahan memikul tugas jantung. Serangan payah jantung akan datang lagi jika dosis obat jantung tidak memadai, obat dihentikan, atau beban jantung bertambah oleh aktivitas fisik, sedang demam, jika penyebab payah jantungnya masih ada, atau jika faktor pencetus payah jantungnya muncul kembali.
Apa yang saya tulis ini untuk sekedar mengingatkan akan fungsi vital dari jantung...take care ya..



Tidak ada komentar: