Selasa, 27 Maret 2012

Apa itu Fire Alarm System

Hahaha..akhir nya balik lagi ke blogspot, setelah dua tahun vakum belajar nulis di blog.

Hmm..ada beberapa hal yang mau aku tulis di sini perihal pengalaman selama dua tahun ini dari Dunia kerja.

Wah..pengalaman apa tuh??
Hehehe..pengalaman tentang menjadi senior teknisi di salah satu perusahaan migas di daerah muara badak, 60km dari kota Samarinda KAL-TIM.

Oke deh..fire Alarm system itu suatu sistem yang menjadi ujung tombak peringatan dini akan bahaya kebakaran, dalam hal ini bisa di picu dari asap atau panas.
Untuk macam atau jenis nya bisa di bagi menjadi dua tipe, yaitu:
1. Sistem Addressable.
2. Sistem Standalone.

Untuk sistem Addressable, sistem ini lebih rumit dan kompleks. Keuntungan nya adalah lebih mudah dan cepat untuk mengetahui lokasi di mana tepat nya sensor yang mendeteksi dini ada nya asap atau panas, dan juga sistem ini punya keunggulan lain dari sistem fire Alarm Standalone, yaitu kemampuan nya mendeteksi sensor atau bagian dari sistem Alarm tersebut mengalami fault atau kesalahan. Fault adalah indikasi ada nya kesalahan atau ketidaksesuaian dengan data atau program dari sistem, misal kan kerusakan pada sensor, jalur dan power supply nya dengan memberi kan suara dan visual di panel control nya. Canggih bukan..?
Hahaha...akan tetapi harga unit ini lumayan mahal namun apa lha arti dari mahal jika memang bersinggungan dengan keselamatan manusia dan peralatan yang di lindungi ?
Tentu perusahaan berstandar internasional pasti memerlukan sistem fire Alarm mengingat ini salah satu standar untuk mendapatkan sertifikasi perusahaan dunia.

..bersambung..

Tidak ada komentar: