Selasa, 27 Maret 2012

Alarm system Addressable

Seperti yang saya tulis tadi pagi, bahwa Fire Alarm System terbagi oleh dua tipe, yaitu : System Addressable dan system Standalone.
Untuk system Addressable masih terbagi dua lagi, yaitu:
1. System Addressable Analog
2. System Addressable konvensional
Saya coba jelas kan satu persatu berdasarkan pengalaman selama 4 tahun di salah satu perusahaan migas.
1. System Addressable analog adalah system fire Alarm yang cerdas,fleksibel dan cepat dalam mengindikasikan setiap status sensor Alarm yang terpasang.
Pemasangan atau instalasi system ini menggunakan kabel data, biasa nya bermerk Belden,dimana kabel ini sebagai jalur data dan tegangan supply dari control panel ke sensor, break glass dan bell.
System ini mampu mengetahui status tiap sensor atau break glass atau bell apakah dalam status normal, indikasi fire atau fault.
System Addressable analog ini juga mampu mengetahui tiap jenis dan nomer sensor atau break glass atau bell dalam satu kelompok ( loop ) yang di hubungkan dengan kabel data sebagai jalur komunikasi antara sensor/break glass/bell dan control panel. System ini rumit, karena tidak sembarang sensor atau control panel dapat di pasangkan bersamaan. Dan jika terjadi kerusakan pada control panel sangat sulit di perbaiki sebab menggunakan ic yang terprogram seperti ic Eprom, tidak ada solusi lain kecuali dengan mengganti modul card yang rusak tersebut, namun tetap di perlukan kemampuan untuk menentukan modul card yang rusak tersebut.
2. Sedangkan System Addressable konvensional sedikit berbeda dengan system Addressable Analog.
Perbedaan nya ada pada kemampuan control panel untuk mendeteksi pengalamatan atau address nomer sensor/break glass/bell dalam satu kelompok ( loop ).
Lumayan butuh waktu untuk menemukan sensor/break glass/bell yang mengalami status fault, di karena kan system ini hanya mampu mendeteksi loop yang sedang mengalami fault atau fire.
Tapi menurut hemat saya, control panel system ini lebih mudah di perbaiki sendiri jika ada kerusakan, sebab hanya memainkan ic TTL dan CMOS.